Oleh Prof. Dr. Ace Suryadi, M.Sc. Ph.D.
(Guru Besar Ekonomi Pendidikan, UPI).
Disampaikan pada
Seminar Internasional Pendidikan Luar Sekolah,
yang diselenggarakan oleh Prodi PLS-SPS UPI,
Bandung Tanggal 29 November 2010.
Pembangunan pendidikan yang ekspansif, belum menyentuh permasalahan
keselarasan pendidikan secara terfokus. Keselarasan pendidikan sebagai salah
satu kebijakan Mendiknas dalam prioritas tertinggi adalah sebuah keniscayaan.
Kajian ini dilakukan oleh Tim gabungan Balitbang dengan Universitas Pendidikan
Indonesia, melalui Pusat Kajian Pendidikan dan Pengembangan SDM yang
dipimpin oleh Prof. Ace Suryadi, M.Sc. Ph.D. Tim ini bekerja 8 bulan melalui,
pengumpulan data statistik, Kelompok Diskusi Terfokus (FGD) dengan para
praktisi dari lima daerah, analisis data, serta diskusi dengan para ahli telah
melahirkan konsep laporan lengkap dan naskah ini adalah ringkasan eksekutif
dari laporan kajian tersebut.
Indonesia dewasa ini mengalami berbagai perubahan menuju industri yang
dibarengi oleh berbagai transformasi jenis pekerjaan dan kualifikasi jabatan.
Perubahan menuju industri ini mendorong perubahan dalam jenis dan tingkatan
pengetahuan, kecakapan dan keahlian, yang dibutuhkan oleh sektor-sektor
industri. Struktur jabatan dan pekerjaan turut mengalami perubahan dan hal ini
ditentukan oleh kebijakan pemerintah dalam investasi, pendayagunaan teknologi
tepat guna, sistem pengupahan, manajemen usaha, serta antisipasi fluktuasi
pasar barang dan jasa baik nasional maupun global.
Proses industrialisasi menurunkan kesempatan kerja pada sektor pertanian dan
perlahan-lahan berganti dengan kesempatan kerja di sektor manufaktur. Pada
tahap berikut, industri berteknologi tinggi akan berkembang yang berakibat pada
menurunnya lapangan kerja subsistensi. Selengkapnya klik tautan berikut ini ....
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Belum ada tanggapan untuk "Kritik Atas Proses Belajar "
Post a Comment